• Breaking News

    October 10, 2016

    Mengenal Lebih Dekat Jogja Kota #BatikIndonesia Yang Telah Diakui Dunia

    Dahulu ketika masa-masa masih duduk dibangku sekolah, saya paling suka yang namanya pelajaran IPS karena memperkenalkan semua yang ada di Indonesia. Sebab itulah sering ditanya oleh guru pelajaran, Salah satu pertanyaannya adalah Kota Apakah di Indonesia yang mendapatkan julukan sebagai kota Pelajar? Dengan gagah berani saya menjawab “Kota Jogja”.

    Mungkin Sebab itulah jogja banyak melahirkan orang-orang yang kreatif dan Cerdas, Sebab itu pula banyak orang tua yang rela menyekolahkan anak-anaknya di Kota Jogja.

    Kota yang dikenal dengan istilah Daerah Istimewa Yogjakarta mempunyai beragam kebudayaan yang terus dilestarikan tidak hanya terkenal di Dalam Negeri bahkan telah dikenal hingga ke semua penjuru dunia. Sontak merupakan sebuah kebanggaan bagi seluruh bangsa Indonesia, karena masih menjadi bagian dari Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

    Salah satunya adalah Kain Batik, Pasti saya percaya kalian semua tahu dengan kain batik bahkan anda mempunyai kain batik baik dalam bentuk baju ataupun lain-lainnya.

    Berbicara Batik tentu bicara Indonesia, karena keduanya tidak akan bisa terpisahkan sudah menjadi darah daging bangsa. Karena itu tepat tanggal 2 Oktober 2009, secara resmi UNESCO menetapkan batik Indonesia sebagai Warisan Kemanusiaan Untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi. Sebab Itulah setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional


    Mengenal Lebih Dekat Jogja Kota #BatikIndonesia Yang  Telah Diakui Dunia


    Jogja atau lebih dikenal dengan nama Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) merupakan salah satu provinsi di Indonesia dengan pemerintahan berbentuk kesultanan. Memang jogja merupakan daerah yang tidak akan bisa dilepaskan dengan yang namanya kebudayaan, seperti banyak bangunan bersejarah dll yang bisa kita temua jika berada dikota tersebut.

    Penghargaan demi penghargaan terus didapatkan oleh jogja baik nasional mapun international. Hingga akhirnya tepat pada tahun 2014 seluruh masyarakt jogja dan umumnya Indonesia sontak merasa gembira, dikarenakan Dewan Kerajinan Dunia ( World Craft Council/WCC) pada peringatan 50 tahun WCC di Dongyang, Provinsi Zhejiang, Tiongkok menetapkan bahwa Daerah Istimewa Yogjakarta sebagai Kota Batik Dunia

    Ini sebuah bentuk pekerjaan rumah yang harus dipertahankan oleh seluruh masyarakat maupun pemerintahan yogjakarta agar predikat sebagai kota batik dunia harum ke seluruh penjuru dunia. Dalam hal ini berbagai daya serta upaya dilakukan oleh kota yogjakarta untuk memperkenalkan warisan budaya tersebut. Karena itulah berbagai kegiatan dan event diselenggarakan, tujuan nya agar batik lebih dikenal kepada seluruh kalangan terutama kepada pemuda Indonesia. 

    Ayo Ke Jogja...!!!!

    Kenapa saya mengajak kalian untuk ke Jogja. Karena tepat tanggal 12-16 Oktober 2016 Yogjakarta akan mengadakan sebuah event yang bernama Jogja International Batik Biennale (JIBB). Event ini menjadi pertama kali diselenggarakn setelah jogja dinyatakan sebagai kota batik dunia.


    Event ini merupakan sebuah langkah yang diambil oleh kota jogja sebagai upaya mempertahankan warisan dunia yaitu Batik supaya terus dikenal oleh masyarakat luas. Didalam event ini akan menampilkan koleksi batik dari seluruh penjuru tanah air.

    'Ayo Ke Jogja, Dari Jogja Untuk Indonesia'

    "Kalau bukan sekarang kapan lagi, kalau bukan kita siapa lagi"



    No comments:

    Post a Comment

    Fashion

    Beauty

    Travel