April 4, 2016

5 Cara merawat Mesin motor agar tahan lama

Motor adalah kendaraan yang sangat fleksibel, mudah digunakan dan cocok untuk semua kalangan. Tak heran bila motor menjadi kendaraan favorit semua orang dan digunakan sebagai kendaraan pribadi sehari-hari untuk berpergian. 


Karena tingkat pemakaiannya begitu tinggi, tentu saja perawatan perlu dilakukan dengan baik dan benar. Mesin motor harus dirawat dengan cara yang tepat supaya awet dan tahan lama. Oleh sebab itu, berikut ini beberapa cara merawat mesin motor  kesayangan Anda, yaitu:

5 Cara merawat Mesin motor agar tahan lama


1.Manfaatkan fasilitas perawatan berkala dari dealer.
Bagi Anda yang membeli motor baru, biasanya dealer akan menawarkan perawatan gratis untuk pelanggan. Dealer motor Honda contohnya. Perawatan diberikan berupa oli mesin dan servis berkala sebanyak 3 kali jalan. Servis pertama dilakukan ketika motor telah berada pada KM 500, servis selanjutnya pada KM 1000 dan terakhir pada KM 2000. Perawatan berkala yang diberikan secara gratis tentu perlu dimanfaatkan supaya kondisi mesin baru selalu terjaga dan dirawat sejak awal digunakan.

2.Ganti oli secara berkala.
Mengganti oli perlu dilakukan rutin untuk menunjang performa mesin kendaraan yang maksimal. Penggantian oli mesin dilakukan sesuai jam terbang pemakaian kendaraan, jarak tempuh yang sudah dilalui dan juga kondisi motor Anda. Pilihlah oli berkualitas yang sesuai dengan standar yang ditentukan. Pastikan juga oli yang digunakan sesuai kebutuhan kendaraan Anda, baik dari jenisnya dan formula yang ditawarkan. Jangan sampai perawatan ini diabaikan karena pengaruhnya cukup fatal terhadap kondisi mesin kendaraan.

3.Lakukan tune up sesuai kebutuhan.
Melakukan tune up sangat penting untuk mengetahui beberapa bagian komponen mesin yang aus dan harus diganti. Pilihlah bengkel terpercaya yang profesional agar layanan terbaik bisa didapatkan. Apabila hal ini tidak dilakukan dengan rutin, maka setelan mesin motor akan berubah karena pengaruh dari komponen-komponen mesin yang aus dan tidak terawat. Untuk itu, melakukan tune up harus diterapkan untuk menjaga kinerja mesin agar tetap stabil dan memastikan bahwa semua komponen kendaraan ada dalam kondisi yang baik dan maksimal.

4.Gunakan motor dengan baik dan benar.
Pemakaian kendaraan yang kurang tepat dapat menimbulkan banyak masalah, termasuk masalah mesin, performa dan hal-hal lainnya. Untuk itu, gunakanlah motor dengan baik dan benar, yaitu:
  • Panaskan mesin beberapa menit sebelum digunakan.
  • Hindari kebiasaan memainkan gas secara spontan.
  • Sesuaikan posisi gigi dengan kecepatan motor Anda.
  • Lakukan pengereman dan tarikan gas yang tepat.
5.Jaga kebersihan motor dengan maksimal.
Menjaga kebersihan motor dapat mempengaruhi kondisi mesin ketika bekerja. Pasalnya, motor yang bersih dan bebas kotoran membuat mesin dan beberapa bagian motor tidak mudah berkarat. Sedangkan motor yang kotor, kusam dan tidak dibersihkan dapat membuat kondisi beberapa komponen kendaraan menjadi terganggu dan lebih rentan mengalami masalah. Apalagi jika kotoran yang menempel pada beberapa bagian motor tersebut sudah mulai mengering dan membandel pada kendaraan.

Itulah beberapa cara yang dapat diterapkan untuk merawat mesin motor kesayangan Anda. Cara-cara yang disebutkan tadi dapat dilakukan untuk mempertahankan kondisi mesin agar tetap terjaga dan tahan lama. 

Dengan melakukan perawatan yang baik terhadap mesin kendaraan yang Anda punya, tentu saja aktivitas berkendara menjadi lebih lancar, nyaman dan terasa aman. Selain itu, motor kesayangan pun tidak mudah mengalami kerusakan mesin dan lain sebagainya. Anda bisa melakukan perjalanan menggunakan kendaraan roda dua kapanpun diperlukan.

Disqus Comments