April 8, 2016

4 Daerah di Kal-Bar yang berbatasan langsung dengan Malaysia

Indonesia merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara, yang terdiri dari puluhan ribu pulau, Sebab itulah negara Malaysia benayak berbatasan dengan negara-negara tetangga seperti Malaysia, Papua Nugini, timor leste bahkan Singapura.

Salah satunya pintu perbatasan yang akan saya bahas adalah pintu yang berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia tepatnya di daerah kalimantan barat atau daerah Khatulistiwa.

Sumber : mapsofworld.com


Kalimantan barat yang terdiri dari 12 kabupaten dan 2 Kota ini memiliki letak yang terbilang strategis, selain provinsi yang dilewati garis 0 derajat, kal-bar juga negara yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Berikut ini adalah 4 Daerah di Kal-Bar yang berbatasan langsung dengan Malaysia, yang menurut saya wajib untuk anda ketahui:

#1. Entikong
Sumber: midielucky.blogspot.com
Semua orang pasti pernah mendengar tentang sebuah pintu perbatasan yang lokasinya, terletak di Kabupaten Sanggau, Entikong merupakan pintu perbatasan utama menuju negara tetangga, Malaysia, Brunai Darusallam dll. Kawasan ini berjarak sekitar 200 Km dari ibukota Provinsi yaitu Pontianak dan membutuhkan waktu sekitar 4 jam lebih menggunakan mobil pribadi dan kendaraan roda dua.

Untuk menuju kawasan ini banyak kendaraan yang bisa kita gunakan, mulai dari Bis, Travel, bisa menggunakan kendaraan roda dua. pada kesempatan di akhir maret kemarin tanggal 23 maret 2016 Presiden Indonesia Joko Widodo berkunjung ke daerah perbatasan tepatnya di Entikong untuk meninjau pembangunan pos lintas batas.

Sebelumnya sekitaran tahun 2005 sampai 2010 kawasan ini bebas masuk barang-barang malaysia seperi Gula, Snack-snack dll, yang semua barang tersebut diambil dan dijual ke daerah yang ada di kalimantan Barat. Ini karena tingkat keamanan kurang memadai sebagai daerah pertemuan antar kedua Negara.



#2. Nanga Badau

sumber: Kalbar.procal.co

Setelah dari kabupaten Sanggau kita bergeser ke daerah paling ujung timur kal-bar tepatnya di daerah Kabupaten Kapuas Hulu atau biasa disebut Putussibau, Di daerah ini terdapat satu akses masuk ke wilayah Malaysia, terletak di daerah Nanga Badau yang berjarak sekitar 950 Km dari kota Pontianak. 

Kawasan Nanga Badau berbatasan langsung dengan lubuk antu (Malaysia) memang pintu perbatasan didaerah ini terbilang sepi, paling ada hanya masyarakat putusibau saja yang berkunjung ke daerah tersebut, Ini karena letak yang jauh dan akses ingin kesana jalan yang ditempuh tidak semuanya beraspal.


#3. Jagoi Babang

Sumber : www.kompasiana.com

Dari daerah timur kita langsung lompat ke wilayah Barat, tepatnya di Desa Jagoi Babang di kabupaten Bengayang. Kawasan ini juga salah satu pintu masuk ke dalam negara tetangga yaitu Malaysia. Kawasan ini berjarak seitar 200 km dari Kota Pontianak bisa dilewati akses jalan Darat menggunakan Bis, sepeda motor dan kendaraan pribadi,

Seerti terlihat gambar diatas nkawasan ini memang banyak belum diketahui oleh orang, karena masih sepi orang yang berkunjung ke malaysia melewati pintu ini, ya mungkin karena akses jalan daerah yang bbelum beraspal dll.

#4. Sajingan

sumber : www.kemendagri.co.id
Terakhir, kita akan berjalan ke ujung Barat kota pontianak tepatnya di kabupaten Sambas, di kawasan ini terdapat salah satu pintu yang juga menuju kawasan negara tetangga Malaysia yaitu daerah Sajingan.

Sama seperi ke 2 pintu masuk diatas, kawasan ini hanya sebagai pintu masuk untuk orang-orang dari kawasan itu saja, mungkin sama dengan yang lain karena akses meuju kesana terbilang agak jauh berjarak sekitar 400 km dari kota Pontianak.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini memberikan manfaat kepada orang banyak. Terima Kasih

Disqus Comments