Keindahan Motif Batik Solo





Solo merupakan salah satu kota yang berada di provinsi Jawa Tengah yang masih erat dengan budaya jawanya. Sebagai kota yang selalu menjunjung tinggi nilai budaya jawa maka kota Solo ini tidak terlepas dari batiknya. 


Kota Solo juga merupakan salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi saat liburan karena kota ini terkenal dengan tempat wisata belanja kain batik solo di Indonesia.


Di kota ini sendiri sudah banyak sekali sentra-sentra pembuatan batik. Kawasan kota Solo yang tersohor dengan sentra pembuatan batik maupun tempat wisata belanja batik yaitu kawasan Kampung Batik Laweyan dan kawasan Kampung Wisata Batik Kauman.

Batik di kota ini sudah menjadi produk andalan dalam export. Oleh karena itu batik menjadi produk utama yang dihasilkan warganya. Keutamaan inilah yang membuat batik menjadi ikon khas kota Solo. Batik solo memiliki ciri khas sendiri baik dalam motif, warna dan proses pembuatannya. 



Salah satu batik solo


Setiap motif batik memiliki makna sendiri-sendiri, maknanya berbeda antara motif batik yang satu dengan yang lain. 


Berikut beberapa motif batik yang sudah tersohor dalam dunia fashion 

  • Motif Slobog
Slobog memiliki arti besar atau longgar. Batik dengan motif ini biasanya dipakai untuk melayat atau saat sedang berduka. Makna dari motif batik ini yaitu agar arwah seseorang yang sudah meninggal tidak dapat mendapat halangan serta kebaikan yang sudah dilakukan dapat diterima Tuhan.
  • Motif Kawung
Kawung merupakan motif yang biasanya dipakai oleh para keluarga kerajaan yang memiliki makna keadilan dan keperkasaan.
  • Motif Sido Mukti
Motif batik ini sering kita jumpai saat acara-acara hajatan pernikahan. Dalam motif ini terkandung makna kemakmuran dan berkecukupan.
  • Motif Sekar Jagad
Motif ini memiliki arti kumpulan bunga sedunia yang berasal dari kata sekar yang berarti bunga dan jagad yang berarti dunia.

Masih banyak ragam motif batik selain yang disebutkan diatas seperti motif batik Truntum, Semen Rante, Semen Gendong, Satrio Manah, Ceplok Kesatrian, Parang Rusak, Barong, Sawat, Pamiluto, Srikaton, Candi Luhur, Ceplok Lung Kestlop dan Bondhet.Khusus untuk motif batik Bondhet memiliki beberapa pola motif yaitu Parang Kusumo, Bokor Kencana, Ratu Ratih, Sido Asih dan Sekar Jagad.

Desain motif batik solo memiliki keindahan dengan cirinya warna-warna yang lembut dan khas dengan berbagai perpaduan unsur pola sehingga menghasilkan keharmonisan motif didalamnya. Setiap motif batik juga tidak lepas dari makna dan sejarahnya. 

Jika dulu batik hanya dikenal oleh kalangan tertentu seperti bangsawan, namun sekarangbatik sudah dapat dikenakan oleh semua kalangan tanpa memandang status sosial. Sehingga membuat perkembangan batik lebih beragam dan juga lebih modern baik dari segi motif, warna, desain model dan kegunaan.


Baca juga tips dalam mengenakan batik sehari-hari di tips dan trik fashion terbaru.

2 comments :

Reader's Comments

  1. Kalau masalah batik, tak perlu diragukan lagi Solo merupakan pusatnya. Berbagai macam jenis pola batik tradisional maupun modern ada di kota ini. Seumur hidup baru sekali menginjakkan kaki ke Solo, semoga nanti diberi kesempatan untuk berkunjung lagi. Amin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya betul seali, sebab itulah solo dijului sebagai kota batik, ini adalah salah kekayaan yang dimilki oleh Indonesia, ayo lestarikan budaya kita, saya juga berharap bisa berkunjung kesana, amien,,,....

      Delete