69 Tahun BNI, Berprestasi dan Berbagi untuk Negeri

Bank Negara Indonesia,  atau biasa dikenal dengan BNI merupakan Salah satu penyedia jasa perbankan terkemuka di Indonesia. Didirikan pada tanggal 5 Juli 1946 atau 1 tahun setelah kemerdekaan, BNI menjadi bank pertama milik negara yang lahir, Pada Masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia ,BNI sempat berfungsi sebagai bank sentral dan Bank Umum .


Logo BNI

Tahukah anda ? Pada tanggal 30 Oktober 1946 Pemerintah indonesia mengeluarkan pertama kali alat pembayaran resmi yaitu ORI(Oeang Republik Indonesia) yang dicetak dan diedarkan oleh Bank Negara Indonesia.

Uang sebagai bukti yang sah


Sebagai Bentuk apresiasinya Pemerintah menetapkan tanggal 30 Oktober  diperingati sebagai Hari Keuangan Nasional, sedangkan tanggal 5 juli (berdirinya BNI) diperingati sebagai Hari Bank Nasional.

Peranan BNI untuk mendukung perekonomian Indonesia semakin strategi dengan inisiatif melayani lapisan masyarakat dari Sabang sampai Merauke dengan berbagai layanan perbankan seperti Bank Terapung yang mempunyai fungsi untuk melayani masyarakat yang tinggal di Kepulauan yang sulit untuk di jangkau oleh transfortasi darat seperti daerah seperti Kalimantan, Bank Keliling yaitu jasa layanan perbankan di mobil keliling sebagai upaya proaktif untuk mendorong masyarakat menabung, Bank Bocah yang memberikan edukasi kepada anak-anak agar memiliki kebiasaan menabung seja dini dan Bank Sarinah yang mana khusus melayani nasabah wanita dan seluruh petugasnya adalah wanita

Selain itu BNI juga menyediakan hamir 1.700 outlet di Indonesia dan lebih dari 11 ribu ATM. Tidak hanya itu, sepanjang 69 perjalanannya, BNI teah memilki enam kantor cabang luar negeri yakni: di Singapura,Hongkong, Tokyo, Osaka, London termasuk 1.600 koresponden di 104 Negara.

Sesuai dengan UU No.17 Tahun 1968 sebagai bank umum dengan nama Bank Negara Indonesia 1946, BNI bertugas memperbaiki ekonomi rakyat dan berpartisipasi dalam pembangunan ekonomi nasional.

Di Usia BNI yang ke-69 tentunya banyak prestasi yang telah terukir, Tentunya sesuai dengan visi dan Misi yang telah dibuat oleh BNI yaitu visinya “Menjadi Bank yang unggul, terkemuka, dan terdepan dalam layanan dan kinerja”  dan MisinyaMemberikan layanan prima serta menciptakan keharmonisan antara karyawan dan nasabah selaku mitra pilihan utama,  Menjadi acuan pelaksanaan kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

Karena itulah Bank BNI memegang teguh Budaya, yang dinamakan “PRINSIP 46” yang merupakan tuntunan perilaku insan BNI yang terdiri dari, Sebagai Berikut:

4 Nilai Budaya Kerja BNI
6 Nilai Perilaku Utama Insan BNI
Profesionalisme 
(Professionalism)
  • · Meningatkan Kompetensi dan   memberikan Hasil Terbaik

Integritas
(Integrity)
  • ·        Jujur,Tulus dan Ikhlas
  • ·  Disiplin,Konsisten, dan Bertanggung jawab

Orientasi Pelanggan
(Customer Orientation)
  • ·      Memberikan Layanan Terbaik melalui Kemitraan yang Sinergis

Perbaikan Tiada Henti
(Cointinuous Improvement)
  •    Senantiasa melakukan              Penyempurnaan
  • ·         Kreatif dan Inovatif


Penghargaan yang telah di raih BNI
Inilah sebagian kecil Prestasi yang telah diraih Bank BNI baik Nasional maupun International pada tahun 2014 dan 2015

  • ·         Meraih 2 mendali emas untuk kategori Best Analys Contact Center dan Best Contatc Center Support – HR Serta mendali perak untuk Best Customer Service in Mid-Size Inhouse dan mendali perunggu untuk Best Desk dalam ajang Contact Center World tingat Dunia yang diselenggarakan di Las Vegas, Amerika Serikat pada tanggal 10-15 November 2014
  • ·         The Most Reliabel Bank untuk kategori bank Konvensional dengan aset diatas Rp.100 Triliun dari Tempo Group dan Indonesia Banking School (IBS), Jakarta 17 Oktober 2014.
  • ·         Peringkat atas Anual Report Award (ARA) 2014 bagi BNI sebagai BUMN Keuangan Listed dan Dana Pensiun Lembaga Keuangan BNI untuk Kategori dana Pensiun, Jakarta, 16 Oktober 2014
  • ·         The Best Local Cash Management Bank in Indonesia, The BestLocal Cast Management Bank In Indonesia, The Best Overall Domestic Cash Management Service menurut polling, dan The Best Overall Cross Border Management Service dari majalah Asia Money di Hong Kong, Kamis (25 September 2014)
  • ·         Gold Achievement OpexCon Award dalam acara Awarding Ceremony Best Projeck Indonesia Best Continuous Improvement Project 2014 di Jakarta, Senin(19 September 2014).
  • ·         The Global 2000, The Worlds Largest Public Companies 2014 dari majalah forbes, Jakarta selasa (19 Agustus 2014).
  • ·         Most Admires Knowledge Enterprise (MAKE) dari indonesia MAKE Study 2014, Jakarta, Rabu (16 Juli 2014).
  • ·         Emiten Terbaik Sektor keuangan Bank Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dari Busnis Indonesia Award 2014, Jakarta 24 juni 2014
  • ·         Tujuh penghargaan bergengsi dari 8 kategori kompetensi Contact Center World se-Asia Pacific di Singapura bagi BNI Contact Center Contact, 2-6 Juni 2014, 4 diantaranya memperoleh peringat Gold, yaitu Best Analyst, Best Contact Center Support Profesional HR, Best Help Desk, dan Best in Costumer Service.
  • ·         Peringkat Kedua terbaik pada penghargaan Banking Service Excellence Monitor (BSEM) 2014.Sebuah ajang penghargaan yang diberikan oleh marketting Research Indonesia (MRI) Jakarta, 13 Juni 2014
  • ·         The Best Trade Finance Bank in Indonesia & The Leading Counterparty Bank in Indonesia dari The Asian Banker Transaction Banking Awards tahun 2013 dan 2014, Kuala Lumpur,21 Mei 2014
  • ·         Memperoleh Sertifikat Akreditasi A atau ISTIMEWA dari Arsip Nasional Republik indonesia (ANRI), Jakarta, 5 Mei 2014. BNI menjadi bank pertama yang mendapatkan akreditasi tersebut.
  • ·         Best Cash Management Bank For Indonesia dalam Asia-Fasific Country Transaction Bank Awards dari The Corporate Treasurer 2013, Singapura, 2 April 2014
  • ·         Indonesia Best Overall Corporate Governance, Indonesia Best for Disclosure & Transparency, Indonesia Best for Investor Relations, Indonesia Best for Shareholder’s Right and Equitable Treatment, serta Indonesia Best for Responsibilities and Ethical Behavior of Management and The Board of Director dari majalah Asiamoney Hongkong, 27 Februari 2014.
  • ·         Gatot M,Suwondo CEO PT Bank Negara Indonesia(Persero) Tbk untuk kategori Most Inspirational CEO BUMN dari Mens Obsession Awards 2014 di Jakarta, 14 Februari 2014
  • ·         The Best Remittances Provider of The Year in Southeast Asia lima tahun berturut-turut dan Best Cash management Solution of The Year in Southeast Asia tiga tahun berturut-turut dari Alpha Southeast Asia Magazine, di Kuala Lumpur, 23 Januari 2014.
  • ·         Indonesia living Legend Company Category State-Owned Bank For Countinous Innovation 2015 dari majalah Warta Ekonomi jakarta(11 Juni 2015).
  • ·         The Best Performance Walk in Channel Sekaligus mempertahankan Best Overall Performance Ranking Kedua Berdasarkan  survei Banking Service Excellence Monitor (BSEM) dari Merketting Research Indonesia (MRI) dan Majalah Infobank,Jakarta (4 juni 2015)
  • ·         The Most Favourite Leadership dari Indonesia Property and bank Award (IPBA) 2015 dari Majalah Property & Bank di Jakarta, 21 Mei 2015. Diterima oleh perwakilan CMM
  • ·         The Asian Banker Transactional Banking Awards 2015 sebagai Best Cash Management bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari majalah The Asian Banker, Hongkong (14 April 2015).
  • ·         Peringat pertama Digital Brand of The Years dari iSentia dan Infobank untuk produk BNI Taplus dan Kredit Debit BNI, Jakarta Kamis (26 Maret 2015)
  • ·         Best Remittance Provider 6 Tahun berturut-turut, Best Trade Solution of the Year in Southeast Asia 5 Tahun Berturut-turut, Best Payabel Solution 4 Tahun berturut-turut, Best Cross Border Merger & Acquication Deal of The Year (BNI Life) and co-financial advisers (BNI Securities) serta Best Loan Deal of the Year untuk Proyek Commuter Line PT Kereta Api Indonesia bersama 4 bank Lainnya.
  • ·         Indonesia Best Overall Corporate Governance , Indonesia Best for Disclosure & Transparancy, Indonesia Best for Shareholde’s Right and Equitable Treatment dari Majalah Finance Asia.
  • ·         Top Brand Award untuk produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas dari Majalah Marketing di Jakarta,13 Februari 2015
  • ·         Pioneer in Green Finance in Indonesia dalam SBA Award dari PicewaterhouseCoopers (PwC) dan Kadin Indonesia dan IBCSD ( Indonesia Bussines Councill for Sustainable Development) Jakarta, 25 Februari 2015

Dengan Deretan prestasi yang telah diraih oleh Bank BNI ini membuktikan bahwa eksistensi BNI  dalam kinerjanya dalam melayani para nasabahnya menjadi sebuah bukti kerja keras selama 69 tahun telah tulus dalam melayani nasabahnya. Untuk sebuah bentuk rasa terima kasih atas penghargaan yang telah diraihnya, BNI ikut Berbagi untuk negeri tercinta Indonesia, dan ikut berperan penting dalam kemajuan perekonomian indonesia.


Berbagi Untuk Negeri


Dalam sejarah perekonomian Indonesia, pengabdian BNI tidak diragukan lagi. Dari tahun ke tahun, BNI semakin inovatif dan maju dalam prestasi. Tanpa kenal lelah, BNI memajukan kesejahteraan sosial dan kemakmuran bangsa di Bumi Pertiwi. Kualitas pelayanan BNI semakin mencerminkan sebuah sistem perbankan yang dinamis, kokoh, dan memiliki daya saing setara bank di negara-negara maju. Bersama BNI, bangsa Indonesia semakin optimis dalam menyambut kejayaan di era globalisasi.

Komitmen BNI pada program kepedulian lingkungan dan sosial ini telah menjadi salah satu misi perusahaan, yaitu meningkatkan kepedulian & tanggung jawab lingkungan dan komunitas. Untuk mewujudkan misi tersebut, BNI telah mendesain program CSR dalam beberapa bidang.

Pertama, Bidang Pendidikan. BNI aktif mendukung pengembangam sektor pendidikan di daerah-daerah tertinggal dengan memberikan Bantuan Kapal Pintar sebagai sarana belajar dan taman baca yang beroperasi di daerah terpencil bekerjasama dengan TNI. Sementara untuk siswa-siswi berprestasi namun tidak mampu secara ekonomi, BNI memberikan Beasiswa Gemilang mulai SD hingga Perguruan Tinggi. BNI juga turut menyiapka beragam Pelatihan & Pembinaan untuk Atlit Nasional, Tenaga Pendidik dan Kaum Disabilitas, Pelatihan dan pembinaan UKM dan mitra binaan di Kampoeng BNI.

Kedua, Bidang Kesehatan. BNI juga kerap memberikan bantuan Kapal Sehat berupa kapal ambulance yang dioperasikan bersama TNI AL, Bantuan Mobil Ambulans melalui beberapa institusi, Bantuan 5 Mobil Tranfusi Darah kepada PMI untuk keperluan donor darah secara mobile, serta Bantuan klinik sosial yang menyelenggarakan pengobatan gratis di daerah miskin.

Ketiga, Pelestarian Alam. BNI merupakan bank di Indonesia yang paling giat memberikan kontribusi riil pada program-program pelestarian lingkungan hidup melalui program-program BNI Green Banking. Untuk itu, BNI bersama Paguyubam Budiasi membangun Pusat Pembibitan di daerah Sentul, Bogor & Penghijauan Kawasan Kritis di Seluruh Indonesia. BNI juga membangun Hutan dan Taman Kota di kota-kota besar Indonesia (Jakarta, Banda Aceh, Solo, Surabaya, Jimbaran, Wonosari, Yogyakarta). Pada banyak kesempatan, BNI tidak pernah absen dari program Penanaman Mangrove dan Pelepasan Penyu Belimbing seperti yang dilakukan di Bangka. Begitu pula dengan Rehabilitasi Orang Utan di Kalimantan Tengah.

Keempat, Sarana dan Prasarana Umum. BNI turut berkontribusi dalam Perbaikan sekolah dasar di daerah pelosok, Perbaikan jembatan untuk jalan yang dilalui menuju sekolah di daerah terpencil. Pendirian Kampoeng BNI untuk mendukung industri kreatif dan budidaya produk agrikultur hingga Pembangunan Pembangkit Listrik Energi Terbarukan (microhidro, biogas, biomass). "Untuk itu, salah satu program dalam HUT ke-69 BNI ini, kami turut membangun 6 jembatan dan 9 sekolah di kawasan-kawasan yang minim terhadap akses sarana transportasi dan pendidikan di seluruh Indonesia," tutur Tunggadewi.

Kelima, Bantuan Bencana Alam. Sebagai bagian dari sebuah negeri yang kerap dilanda bencana alam, BNI berupaya menjado yang terdepan dalam memberikan bantuan. BNI ditunjuk sebagai koordinator BUMN Peduli Sektor Bencana Alam. Berbagai bencana yang mendapatkan kontribusi bantuan bencana dari BNI antara lain adalah di Sinabung, Merapi, Bima, Dompu, Jakarta, Padang, Monokwari, Menado dan daerah lainnya.

Keenam, Pengentasan Kemiskinan. BNI memiliki program Kemitraan yang sangat solid untuk mengangkat masyarakat yang berada pada golongan tidak mampu untuk memulai usaha mandiri. Salah satu program kemitraan yang diusung BNI adalah Pembangunan Desa dalam Program Kawasan Pulau Komodo dan Desa Wisata Borobudur.

Selain itu BNI juga berperan aktif dalam pembangunan sosial berbasis kearifan lokal. Hal ini dikukuhkan dengan program ‘Kampoeng BNI. Melalui program ‘Kampoeng BNI’ (KBNI), BNI secara aktif membina masyarakat dalam memanfaatkan potensi alam dan budaya lokal. Dengan adanya KBNI, masyarakat bisa mendapatkan bantuan berupa penyaluran kredit lunak dengan sistem klaster. Selain itu, melalui KBNI, BNI berperan aktif dalam distribusi produk industri (pertanian/kerajinan) dan memperluas wilayah pemasaran produk lokal. 

Selain itu, BNI juga memiliki program unggulan ‘Bina Lingkungan’. Dalam Bina Lingkungan, yang berperan aktif dalam memberikan bantuan sosial bagi korban bencana alam, memberikan bantuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, memberikan bantuan dalam peningkatan pelayanan kesehatan di daerah terpencil, memberikan bantuan dalam pengentasan kemiskinan, memberikan bantuan dalam pengadaan Energi Terbarukan, bantuan dalam pengadaan hutan kota, dan berjejer


terobosan lainnya. BNI juga menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga yang konsisten dalam pembangunan sosial. Berkat BNI, penduduk Indonesia memiliki harapan untuk mencapai kesejahteraan sosial tanpa kehilangan kearifan lokal sebagai identitas bangsa. Inilah prestasi BNI yang tidak ternilai harganya dan dicapai BNI di usia 69 tahun pada 5 Juli 2015.

Bahwa BNI tidak hanya berorientasi pada keuntungan finansial, tapi juga menuntun masyarakat dalam mengelola sumber daya kehidupan, mengembangkan semangat kekeluargaan yang menjadi ciri khas kearifan lokal bangsa Indonesia, dan memajukan pembangunan sosial yang ramah lingkungan.



Sejak tiga tahun yang lalu, BNI menjadikan ornamen batik sebagai disain kartu debit. Inovasi ini memang sederhana, tapi sangat bermakna. Sebab, batik bukan sekadar produk budaya, melainkan warisan leluhur Indonesia yang sarat filosofi. Melalui batik, para leluhur Indonesia mewariskan nilai-nilai kemanusiaan dari zaman ke zaman.


Mungkin itu informasi yang dapat saya sampaikan,lebih kurang anda mungkin bisa langsung mengakses situs resminya di www.bni.co.id

Kesimpulan


Dari Pembahasan diatas mengenai BNI dan prestasinya serta berbagi untuk Negeri dapat saya ambil kesimpulan, Bahwa sebuah perusahaaan yang begerak dibidang apa saja, harus mempunyai sebuah pengabdian untuk menjadikan sebuah perusahaan semakin inovatif dan maju dalam prestasi. Tanpa kenal lelah, Serta sebuah perusahaan harus menjunjung tinggi Kualitas pelayanan yang dinamis, kokoh, dan memiliki daya saing setara di negara-negara maju.  Seperti BNI yang telah mengabdi pada negeri tercinta Indonesia selama 69 Tahun dikarenakan telah menjunjung semua aspek diatas,maka BNI pun mempunyai prestasi yang sangat menakjubkan dan bisa bersaing dengan ban-bank dunia lainnya.


Semoga di Usia yang ke 69 Tahun menjadikan BNI bank yang memiliki kepercayaan yang dalam oleh para Nasabah serta terus ikut berpartisipasi dalam pembangunan dalam sektor apa saja di Negara Tercinta Indonesia ini.


3 comments :

Reader's Comments

  1. Sampai sekarang saya masih pakai BNI, bagus kok

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bro emang BNI...
      khusus nya di indonesia memang pilihan utama lah....

      Delete
    2. KALAU ANDA MAU TAU INFO TOGEL, KENALKAN NAMA SAYA PAK WARHADIK, KAMI TINGGAL DIKALTIM PEKERJAAN JUAL NASI GORENG, SELAMA KAMI KENAL YANG NAMANYA NYI REKSO SARASWATI NASIB KAMI TIDAK SEPERTI YANG DULUH… KAMI SANGAT BERTERIMA KASIH KEPADA NYI REKSO SARASWATI BERKAT ANGKA YANG DI BERIKANN SAMA BELIAU.DAN ALHAMDULILLAH TEMBUS.DAN KAMI MINTAH ANGKA,4D…


      ANGKA NAIK YAITU,DI.
      6D.SPORTS,TOTO 5D 6D
      SIAPA TAU ANDA SEMUA MAU RASAIN SILAHKAN GABUNG SAMA KAMI,

      DAN KAMI BERSUKUR HASIL PASANG TOGEL TGL,07,07,2014…
      ….
      SEMUA HUTANG HUTANG DLM KELUARGA KAMI KINI DPT TERLUNASI ,KAMI PUN BISA MEMBUKA USAHA KEMBALI,WALAUPUN ITU DGN CARA PASANG TOGEL, ITU MERUPAKAN RESKI BAGI KAMI SE- KELUARGA ,JADI YG SERING KALAH DLM PERMAINAN TOGEL HUBUNGI NYI REKSO SARASWATI /SMS KE NMR INI,082322216958—KESUSAHAN ANDA DALAM MAIN
      TOGEL DI,JAMIN [5] KALI PUTARAN… NYI REKSO SARASWATI Terima kasih yang amat dalam kami ucapkan kepada NYI REKSO SARASWATI yang telah memberikan kebahagian bagi keluarga kami…berkat Beliau kami sekarang udah hidup tenang..sudah tidak di kejar-kejar hutang…Kami di berikan Angka Ritual Ghoib Dari NYI REKSO SARASWATI yang sangat sangat Jitu 100%…hingga kami sekarang merasa tenang lagi…terima kasih NYI…Jika Anda ada yang merasa kesulitan masalah Nomer Toto apaka 2D.3D.4D.5D.6D.itu semua terserah anda, silahkan HBG ATAU SMS Aja NYI REKSO SARASWATI
      …di nmr HP [082322216958]pasti anda akan merasakan apa yg selama ini kami rasakan…Salam Bahagia dan Sukses..!!

      DENGAN ANGKA GOIB ,ATAU ANGKA RITUAL// ANGKA MAHLUK HALUS….
      KLIK DISINI
      angka;GHOIB: singapur
      angka;GHOIB: hongkong
      angka;GHOIB; malaysia
      angka;GHOIB; toto magnum 4d
      angka"GHOIB; laos…
      angka"GHOIB; macau
      angka"GHOIB; sidney
      angka"GHOIB: vietnam

      Delete