• Breaking News

    February 15, 2015

    Peran Informatika Dan Telekomunikasi Dalam Industri Kreatif

    Kecanggihan teknologi di zaman sekarang sangat berkembang dengan pesat,hal ini dikarenakan semua kecanggihan yang digunakan pada zaman ini makin membuat manusia hanya bisa melihat saja.

    Nah...Berhubungan dikesempatan yang manis ini saya membuat sebuah artikel dengan Judul “Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif”.

    Sebelum kita memasuki ke dalam tema yang diangkat,kita harus tahu terlebih dahulu tentang Industri Kreatif .Tidak semua orang lho tahu tentang industri kreatif tersebut...

    Industri Kreatif merupakan Sebuah kelompok industri yang terdiri  dari bermacam-macam industri yang dimana didalam masing-masing mempunyai keterkaitan untuk proses pengeksploitasi ide atau kekayaan intelektual yang bisa membawanya menjadi nilai ekonomi tinggi yang dapat menciptakan kesejahtraan dan lapangan pekerjaan dengan sendirinya.
    Berdasarkan hasil studi yang telah dilakukan oleh sebuah negara di Eropa yaitu Inggris . Negara ini mengelompokan Industri Kreatifnya kedalam 13 Sektor (Advertising,Architecture,Art & Antiques Markets,Craft,Design,Designer,Fashion,Film & Video,Interactive Leisure Software,Music,Performing Arts,Publishing,Softare &Computer Services,Television&Radio).Tapi Berbeda sedikit dengan Di Indonesia ,Negara kita ini mengelompokan Industri Kreatif tersebut ke dalam 14 kelompok industri,sebagai berikut(Arsitektur,Desain,Fashion,Film,Video&Fotografi,Kerajinan,Layanan Komputer dan piranti Lunak,Musik,Pasar barang seni,Penerbitan dan Percetakan,Periklanan,Permainan Interaktif,Riset dan Pengembangan,Seni Pertunjukan ,Televisi dan Radio).

    Nah jika anda merasa sebagai manusia di era modern ini ,harus berpandai-pandai lah untuk bisa memanfaatkan tekhnologi yang telah tersedia ,tentunya untuk bisa membanggakan diri sendiri dan yang lebih terpenting untuk bisa memberikan manfaat kepada orang banyak/masyarakat.Yang perlu anda ketahui untuk di dalam industri kreatif ini diperlukan sebuah Kreatifitas yang dimiliki sebagai sumber daya utama.

    Seberapa besarkah “Peran Informatika dan Telekomunikasi dalam Industri Kreatif”?

    Sangat Besar sekali peran informatika dan Telekomunikasi dalam industri kreatif ,salah satu industri Kreatif yang paling maju sekarang ialah toko online.Jika kita flasback di zaman sebelum mengenal kecanggihan,manusia hanya bisa berbelanja baju ,celana dll hanya di dalam kota tempat tinggalnya saja,pasti nggak mungkin kali jika dahulu hanya ingin belanja baju dan celana harus berangkat ke kota seperti jakarta,bandung,surabaya dll,tentu hanya habis ke Ongkos saja. Nah dengan kemajuan zaman yang sekarang serba praktis dan canggih hanya berbekal Handphone (yang mempunyai Internet tentunya) dan Laptop/PC saja dengan duduk dirumah kita bisa berbelanja di daerah seperti jakarta,bandung dll,tentunya dengan selera masing-masing,dan kita nggak perlu repot menghamburkan uang untuk berangkat sampai ke Jakarta dll.

    Contoh lainya dibidang industri makanan,anda tahu KFC bukan KFC kan merupakan pembuka jasa makanan yang sangat digemari masyarakat yaitu ayam gorengnya,,Nah dengan adanya informatika dan telekomunikasi lah seseorang dengan bermodalkan pulsa didalam handphone saja bisa membeli ayam tersebut,tentunya dengan cara menelpon langsung ke kantor KFC dengan pesanan yang telah dipesan barang akan siap dikirim ke lokasi yang anda....wah...Luar biasa bukan....

    Tapi ada satu manfaat yang bisa membuat seseorang menjadi terkenal tentunya, tentunya peran telekomunikasi dan informatika sangat besar sekali,salah satunya peristiwa dimana Briptu Norman yang saat itu hanya seorang Polisi yang sedang piket di tempat ia kerja,dengan kratifitas seorang rekan kerjanya hanya dengan bermodalkan HP saja,briptu norman yang sedang melakukan tarian yang diikuti dilagu india dan direkam di HP sang kawan tersebut dan diunggah ke salah satu social media yaitu youtube dan menakjubkan lagi Ia sampai mampu menjadi tenar dan terkenal di Indonesia tentunya dengan sekejap saja,nah ini telekomunikasi sangat berperan sekali bukan,coba dulu di era beum mengenal telekomunikasi bisa ah Ia manjadi terkanl dengan cepat seperti ini,,,tentunya mustahil sekali.Nah tentunya kreatifitas pun yang diperlukan didalam peran telekomunikasi dan informatika tersebut.

    Wah sangat disayangkan sekali bukan jika kita hidup pada era ini tidak bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi yang telah tersedia , tapi tentunya tidak hanya bermodalkan alatnya saja,modal utamanya harus mempunyai Kreatifitas yang harus dimiliki oleh individu kita sendiri.

    Berikut ini faktor yang bisa membuat industri kreatif semakin mudah dengan adanya telekomunikasi dan informatika....

        1. Membuat Konsumen mudah menemukan barang yang ingin dibeli

       Wah bagaimana membuat konsumen menemukan barang yang ingin dibeli,,,Nah apakah          anda pengguna sosial media seperti Facebook,Twitter dll ?
       Pasti anda penggunnya bukan,saya ambil contoh saya pengguna Facebook ,tak heran              biasa di Facebook banyak terdapat iklan yang memasarkan produknya di Facebook                  tersebut.Selain itu di biasa di dalam facebook terdapat Grup nah disana biasanya orang            berlomba-lomba untuk memasarkan produknya,tentunya bersaing secara sehat bukan,Nah        disini kita sebagai konsumen tentunya menjadi mudah untuk mencari barang tersebut.

     2.  Mempermudah promosi produk

     Nah dari yang diatas telah anda pahami bukan cara untuk mempromosikan                                   produknya.selain malalui facebook,biasanya pemain industri kreatif tidak jarang yang                 mempromosikan produk dan barang mereka dijalan dengan membuat baliho,spanduk,               poster dll.


    Nah dari ke -2 manfaat diatas dapat disimpulkan bahwa peran informatika dan telekomunikasi di bidang industri kreatif menjadi mudah,tentunya sesuai dengan kreatifitas yang bisa dimanfaatkan oleh si pemilik industri tersebut.




    1 comment:

    1. betul juga tuh tetapi sayangnya jaringannya sula lambat dalam internetannya juga

      ReplyDelete

    Fashion

    Beauty

    Travel