• Breaking News

    November 9, 2013

    Hari jadi kota pontianak ke 242

    Wah...Hari demi hari,bulan demi bulan dan tahun demi tahun telah terlewati,tidak terasa kota pontianak sudah memasuki usia yang ke-242 tahun,dimana tepat pada tanggal 23 Oktober 2013 yang lalu kota Pontianak tepat berusia yang ke 242.Mungkin sebagian masyarakat Indonesia mengenal Kota Pontianak,Karena Kota yang dilewati garis Khatulistiwa,Bahkan banyak masyarakat dari jawa,sumatera,sulawesi,bahkan papua serta turis-turis asing yang penasaran dengan tugu kebanggaan masyarakat kota pontianak tersebut,yaitu tugu Khatulistiwa,yang terletak di Siantan,Selain kota Pontianak dilalui garis nol derajat (Khatulistiwa).


    Kota Pontianak juga dilalui oleh Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia dan Kota pontianak juga dilalui oleh sungai kecil yaitu sungai landak,kedua sungai inilah yang membelah kota pontianak dan dilambangkan dalam logo kota Pontianak.
    Logo pemkot pontianak

    Sejarah awal mula kota pontianak

    Kota pontianak didirikan oleh Syarif Abdurrahman Alqadrie pada hari Rabu,23 Oktober 1771 (14 Rajab 1185 H) yang ditandai dengan dibukanya huta di persimpangan Sungai Landak,sungai kapuas untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal.Pada tahun 1778 (1192 H) Syarif Abdurrahman dikukuhkan menjadi Sultan Pontianak,dan pada saat itu letak pusat pemerintahan ditandai dengan berdirinya Masjid Jami' (sekarang bernama Masjid Sultan Syarief Abdurahman) dan Istana Kadariah dan sekarang terletak di kelurahan Dalam Bugis Kecamatan Pontianak Timur (sekarang kampung beting).


    Profil Kota Pontianak

    Kota Pontianak sekarang dipimpin oleh seorang Walikota yang bernama H.Sutarmidji.S.H M.Hum . Kota yang mempunyai Luas sekitar 107.82 km (41.63 mil) dan Kota Pontianak juga mempunyai 6 kecamatan beserta 29 Desa/Kelurahan.Kota Pontianak juga mempunyai beragam jenis Suku Bangsa yaitu Tionghoa,Melayu,Bugis,Jawa,Madura dan Dayak . Beserta beragam kepercayaan yang dianut oleh masyarakatnya yaitu Islam,Budha,Hindu,khonghucu,Protestan,Khatolik.
    Kota Pontianak juga mempunyai salah satu tempat rekreasi masyarakat pontianak biasa berkumpul yaitu Taman Alun-Alun Kapuas...yang terletak persis didepan kantor walikota di jalan Rahadi Oesman.Taman alun-alun kapuas atau biasa masyarakat pontianak menyebut dengan nama korem...adalah tempat santai yang disukai oleh warga karena letak nya berada di tepian sungai kapuas,warga berkumpul biasa tepat pada sore hari,berjalan bersama kluarga dan pada malam hari selalu ramai pengunjungnya,,,di taman alun-alun kapuas ini banyak terdapat fasilitas juga,,,dan tempat berbelanja bermacam aksesoris dan pakaian serta warung makan dan minum.



    Selain banyak tempat berekreasi di pontianak ini juga merupakan kota perdagangan dimana banyak terdapat pasar dagang,seperti pasar dagang yang biasa selalu ramai dikunjungi oleh pembeli yaitu,Pasar Sudirman,Pasar Tengah,dan juga Khatulistiwa Plaza dll...serta terdapt juga pasar sayur dan lauk pauk,,,seperti Pasar Flamboyan,Pasar Dahlia,Pasar Teratai,dan Pasar Kemuning dll


    Tapi yang menjadi tempat favorit untuk masyarakat pontianak ini sebagai tempat ngumpul sehari-hari yaitu Warung Kopi (warkop)...diamana di salah satu jalan di pontianak yaitu jalan gajah mada menjadi tempat favorit warga ngumpul di waktu nyantai pagi,sore bahkan malam di pontianak,karena dijalan ini terdapat banyak warung kopi(warkop) di sepanjang jalan tersebut,di pontianak ini juga terdapat salah satu minuman favorit yaitu kopi yang dikenal masyarakat pontianak dengan nama kopi pancong.

    Sekianlah info yang dapat saya tulis disini,kurang nya saya mohon maaf,kiranya dapat bermanfaat untuk pembaca semua....
    Dirgahayu kota pontianak,semoga jaya selalu,dan terhindar dari malapetaka...amiennnnn,,,,,


    Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog Pontianak 242 dan turut didukung oleh beberapa pihak sponsor, sebagai berikut:
    Bentuk Sumbangsih: Uang Tunai 200 Ribu Rupiah
    1. Dwi Wahyudi
    2. Rohani Syawaliah
    3. Bang Gusty
    4. Pontianak Creative Association
    5. Bang Apri
    Bentuk Sumbangsih: Hadiah Tambahan
    Hadiah: Voucher Paket Pernikahan Senilai 300 Ribu Rupiah
    Hadiah: Paket Buku Dahlan Iskan dan Koleksi Eksklusif Pontianak Post
    Hadiah: 3 Buah Buku “Pontianak Heritage” yang Ditandatangani Penulisnya
    Hadiah: Voucher Senilai 1 Juta Rupiah untuk Paket Pendaftaran “6 Minggu Bisa”
    5. Abimanyu Yusuf (Indobit Technology)
    Hadiah: Paket Hosting Gratis Selama 1 Tahun

    3 comments:

    1. Heheh
      Doa semoga menang bro...
      Thanks kunjnganya....

      ReplyDelete
    2. Artikel ini telah dinilai oleh Dewan Juri Lomba Menulis Blog Kota Pontianak 242, nantikan pengumuman hasilnya di Borneo Exotic Cafe Bundaran SMPN 1 Pontianak pada tanggal 16 November 2013 jam 20.00 WIB. Salam blogger...

      ReplyDelete

    Fashion

    Beauty

    Travel