• Breaking News

    April 11, 2016

    Jangan Ngaku Suka Matematika, Jika Tidak Mengetahui 7 Tokoh Berikut.



    Matematika? pasti sahabat semua kalau mendengar kata matematika identik dengan suatu mata pelajaran yang membuat kepala menjadi pusing, serta menjadi pelajaran paling menakutkan.

    Jangan Ngaku Suka Matematika,  Jika Tidak Mengetahui 7 Tokoh Berikut.

    Tidak semua orang juga beranggapan bahwa matematika itu identik dengan pelajaran meakutkan, buktinya banyak juga anak-anak Indonesia yang berprestasi dalam dunia matematika. itu semua kita kembalikan kepada kemauan, jika kita mempunyai niat untuk bisa, dengan kunci kesuksesaan yaitu belajar hal sulit pun akan bisa menjadi mudah


    Ok, sekarang kita masuk pada inti pembahasan. Kenapa saya buat artikel ini dengan judul Jangan ngaku suka matematika,  Jika tidak mengetahui 7 tokoh berikut. Berarti jika seseorang belajar matematika mulai tingkat SMP keatas, Pasti sudah mengetahui ke 7 matematikawan ini. Berati jika anda tidak mengetahuinya bisa jadi anda tidak sungguh-sungguh belajarnya.

    Berikut tokoh-tokoh matematika dunia  yang sudah seharusnya anda ketahui sebagai seorang menyukai matematika:

    1. Thales (624-550 SM)
    Dapat disebut matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi, dimana tradisi ini menjadi lebih jelas setelah dijabarkan oleh Euclid. Landasan matematika sebagai ilmu terapan rupanya sudah diletakan oleh Thales sebelum muncul Pythagoras yang membuat bilangan.

    2. Pythagoras (582-496 SM)
    Pythagoras adalah orang yang pertama kali mencetuskan aksioma-aksioma, postulat-postulat yang perlu dijabarkan terlebih dahulu dalam mengembangkan geometri. Pythagoras bukan orang yang menemukan suatu teorema Pythagoras namun dia berhasil membuat pembuktian matematis. Persaudaraan Pythagoras menemukan 2 sebagai bilangan irrasional.

    3. Socrates (427-347 SM)
    Ia merupakan seorang filosofi besar dari Yunani. Dia juga menjadi pencipta ajaran serba cita, karena itu filosofinya dinamakan idealisme. Ajarannya lahir karena pergaulannya dengan kaum sofis. Plato merupakan ahli piker pertama yang menerima paham adanya alam bukan benda.

    4. Ecluides (325-265 SM)
    Euklides disebut sebagai “Bapak Geometri” karena menemuka teori bilangan dan geometri. Subyek-subyek yang dibahas adalah bentuk-bentuk, teorema Pythagoras, persamaan dalam aljabar, lingkaran, tangen,geometri ruang, teori proporsi dan lain-lain. Alat-alat temuan Eukluides antara lain mistar dan jangka.

    5. Archimedes (287-212 SM)
    Dia mengaplikasikan prinsip fisika dan matematika. Dan juga menemukan perhitungan π (pi) dalam menghitung luas lingkaran. Ia adalah ahli matematika terbesar sepanjang zaman dan di zaman kuno. Tiga kaaarya Archimedes membahas geometri bidang datar, yaitu pengukuran lingkaran, kuadratur dari parabola dan spiral.

    6. Appolonius (262-190 SM)
    Konsepnya mengenai parabola, hiperbola, dan elips banyak memberi sumbangan bagi astronomi modern. Ia merupakan seorang matematikawan tang ahli dalam geometri. Teorema Appolonius menghubungkan beberapa unsur dalam segitiga.

    7. Diophantus (250-200 SM)
    Ia merupakan “Bapak Aljabar” bagi Babilonia yang mengembangkan konsep-konsep aljabar Babilonia. Seorang matematikawan Yunani yang bermukim di Iskandaria. Karya besar Diophantus berupa buku aritmatika, buku karangan pertama tentang system aljabar. Bagian yang terpelihara dari aritmatika Diophantus berisi pemecahan kira-kira 130 soal yang menghasilkan persamaan-persamaan tingkat pertama.

    2 comments:

    1. halah kalau matematika aku paling puyeng hihihi

      ReplyDelete
      Replies
      1. Sedikit agak pusing si,, cuma mengasikaan sekali, penuh tantangan...

        Delete

    Fashion

    Beauty

    Travel